Sekilas Info

Selamat datang di portal resmi Radio Suara Pendidikan Jombang.
Nomor telepon Radio Suara Pendidikan Jombang yang lama diganti ke nomor telepon yang baru (0321) 874791 beralih ke (0321) 8490021.
Dirjen Kemendikbud RI kunjungi Situs Mojopahit di Ngoro Jombang
Dirjen PCBM Kemendikbud saat meninjau lokasi situs Sumberbeji (Humas Pemkab)

Dirjen Kemendikbud RI kunjungi Situs Mojopahit di Ngoro Jombang

Dirjen Kemendikbud RI kunjungi Situs Mojopahit di Ngoro Jombang
Dirjen PCBM Kemendikbud saat meninjau lokasi situs Sumberbeji (Humas Pemkab)

Suarapendidikan.com, Jombang – Situs cagar budaya yang diduga peninggalan kerajaan Mojopahit yang hingga saat ini masih dalam proses ekskavasi mendapat kunjungan dari Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Museum (PCBM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Fitra Arda Kamis (7/11) pagi. Ia mengunjungi situs yang berlokasi di Dusun Sumberbeji Desa Kesamben Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang itu didampingi  Bupati Mundjidah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang Agus Purnomo dan unsur forkopimda lainnya.

Dalam kunjungannya Fitra memantau proses eskavasi yang dilakukan oleh tim Badan Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur, serta melihat beberapa benda temuan yang sebelumnya terpendam di area petirtaan Sumberbeji Ngoro tersebut. Ia mengungkapkan situs di Sumberbeji itu adalah situs objek cagar budaya sehingga harus melalui beberapa tahapan yakni registrasi nasional, proses verifikasi, lalu ditetapkan sebagai cagar budaya oleh kabupaten, provinsi dan secara nasional.

 “Nah itu nanti kemudian bergerak di bidang hulu ke hilir terutama perlindungannya dengan kekuatan bangunan dan informasi kekayaan bangunan. Nanti kan akan dilakukan penelitian lanjutan sehingga benar-benar kita dapat merekonstruksi bangunan secara utuh.”ungkapnya

Mengacu UU kemajuan kebudayaan nomor 5 tahun 2017 menindaklanjuti nomor 11 tentang kawasan cagar budaya Fitra memaparkan kedepan objek cagar budaya akan menjadi ruang publik pemajuan kebudayaan sesuai dengan prinsip cagar budaya yakni ”lindungi, kembangkan, manfaatkan”.

 “kalau bermanfaat kan bisa maju budayanya”. Imbuhnya

Dirjen Kemendikbud RI kunjungi Situs Mojopahit di Ngoro Jombang
Dirjen PCBM Kemendikbud saat melihat temuan di situs Sumberbeji (Humas Pemkab)

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang Agus Purnomo menyatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait selama proses eskavasi hingga nanti proses penetapan situs tersebut.

 “Kita tidak sendiri dalam mengawal ini, ada dari Bappeda yang juga ikut merumuskan perencanaan pemanfaatan situs ini kedepan, juga BPCB Jawa Timur yang dari awal melakukan proses eskavasi dan pihak-pihak lainnya. Kami terus koordinasi mengawal ini.”jelasnya

 Proses ekskavasi situs yang diduga peninggalan kerajaan Mojopahit di Sumberbeji telah mencapai tahap ketiga yakni pembersihan bagian lantai. BPCB Jawa Timur bekerjasama dengan Institut Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk meneliti beberapa temuan yang sulit untuk diidentifikasi.(NR)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>