Sekilas Info

Selamat datang di portal resmi Radio Suara Pendidikan Jombang.
Nomor telepon Radio Suara Pendidikan Jombang yang lama diganti ke nomor telepon yang baru (0321) 874791 beralih ke (0321) 8490021.
IMG_1278

Lestarikan Budaya Lokal, Pemkab Gelar Pawai Budaya Jombang 2019

IMG_1223Ribuan warga tampak memadati jalan protokol kota Jombang mulai dari depan Pendopo sampai sepanjang jalan KH Wahid Hasyim, Sabtu (21/9) pagi. Mereka menyaksikan gelaran Pawai Budaya Jombang 2019 yang dihelat Pemkab Jombang.

 Tema “Jombang Banget” yang diusung menjadikan gelaran pawai budaya kali ini tampak berbeda dari tahun sebelumnya. Terdapat 25 subtema yang ditentukan oleh panitia penyelenggara pawai yang ditampilkan oleh 40 peserta dari berbagai elemen masyarakat seperti pelajar, komunitas, perusahaan dan masyarakat umum.

 Subtema yang ditampilkan oleh peserta bersumber dari berbagai warisan kebudayaan lokal Jombang diantaranya, Tari Remo Boletan, Undhuh – Undhuh, Sandur Manduro, Pencak Dor,Ritual Kumkum Sendang Made dan lain-lain.

 Dalam Sambutannya, Bupati Jombang Mundjidah Wahab menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasinya terhadap masyarakat Jombang yang turut serta dalam upaya melestarikan budaya lokal Jombang melalui Pawai Budaya. Ia berharap masyarakat Jombang terutama generasi muda lebih mengenal akan budaya lokalnya sehingga memiliki rasa bangga terhadap Jombang.

 “Kedepan kami berharap Pawai Budaya Jombang ini bisa lebih baik lagi sehingga bisa menjadi salah satu icon Jombang. Seperti yang ada di beberapa kota di Jawa Timur, misalnya Banyuwangi dan Jember”, Jelasnya.

IMG_1291

 Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang drg. Budi Nugroho, MPPM  menjelaskan penampilan peserta tidak hanya berpatok pada kostum, namun juga koreografi.

 “Kami dari mulai seleksi peserta, kami adakan workshop juga agar pada saat tampil di sepanjang rute pawai peserta selain menampilkan kostum juga menyajikan koreografi yang menceritakan budaya lokal yang diangkat”,  Pungkasnya.

 Selain menggelar Pawai Budaya, pemkab Jombang juga menyelenggarakan pengajian budaya bertajuk Sinau Bareng Cak Nun yang akan berlangsung pada Sabtu (21/9) malam ini, yang akan disiarkan secara langsung di Fanpage Radio Suara Pendidikan Jombang. (nr)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>