Sekilas Info

Selamat datang di portal resmi LPPL Radio Suara Pendidikan Jombang.
Selamat Ulang Tahun yang ke-14 Radio Suara Pendidikan ( 15 Oktober 2004 – 15 Oktober 2018 )
Nomor telepon Radio Suara Pendidikan Jombang yang lama diganti ke nomor telepon yang baru (0321) 874791 beralih ke (0321) 8490021.
Waspada penipuan mengatasnamakan Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang.
Pembukaan Kompetensi Siswa dan Jawara SMK Se-Kabupaten Jombang. (muhammad taufiq/msp)
Pembukaan Kompetensi Siswa dan Jawara SMK Se-Kabupaten Jombang. (muhammad taufiq/msp)

SMK Menuju Jawa Timur Berkarya

JOMBANG – Ajang bergensi lomba kompetensi dan jawara SMK Pemprov Jawa Timur menjadi sebuah persaingan yang bergulir sengit. Kabupaten Jombang mempersiapkan lebih awal dengan mengadakan lomba kompetensi siswa SMK tingkat kabupaten.

Ketua Panitia Penyelenggara Lomba Kompetensi Siswa dan Jawara SMK Se-Kabupaten Jombang, Supriyadi mengatakan tema pada perhelatan tahun ini adalah dengan LKS ini diharapkan lebih meningkatkan profesionalisme penyelenggaraan proses pembelajaran di SMK.

Di jawara persyaratannya lebih berat, kami mencari anak yang memiliki skill di bidang tertentu tertentu terkait dengan teknologi sampai bidang pariwisata. Karena filosofi jawara sendiri semacam pendekar dan sebenarnya adalah Jawa Timur Berkarya.

“Siswa juga harus mempunyai semacam usaha, misalnya dibidang pariwisata. Dia bisa memproduksi kripik, anak itu bisa terampil dalam membuat dan dibuktikan dengan memproduksi sendiri dan bisa memasarkannya” tambah Fatkhurrohman, Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Jombang.

Pada awalnya konsep lomba ini dicetuskan dari hasil koordinasi antara Bidang Pendidikan Menengah dan MKKS dimana kepanitian inti dari pengurus MKKS sendiri. Dalam proses pembetukan dan persiapannya diselenggaran kurang lebih satu bulanan.

Akan tetapi, untuk sosialisasi ke sekolah-sekolah sudah dilakukan pada satu semester sebelumnya, untuk memberikan kesempatan pada sekolah-sekolah mempersiapkan peserta didiknya. Lomba yang diselenggarakan mencakup pada lima bidang, diantaranya bidang teknologi dan rekayasa, bisnis dan manajemen, teknik otomitif, pariwisata dan umum.

Panitia menyiapkan serangkaian acara yang dibuat semenarik mungkin guna memberikan kesan akan ditunggu-tunggu pada ajang berikutnya.

Rangkain kegiatannya diawali dari pembukaan oleh Wakil Bupati Jombang diiringi penampilan kreatifitas pentas seni unggulan yang ada di sekolah yang sudah diseleksi panitia, sekaligus dibarengi pameran dari hasil karya kreatif anak SMK.

Agenda kegiatan lomba bertempat pada empat gedung sekolah diantaranya SMKN 1, 2, dan 3 serta SMK Dwija Bakti 1, 2.

“Untuk pembukaan dan pentas seni bertempat di SMKN 3 Jombang yang dianggap paling representatif,” ujar ketua PAPSI Jombang.

Sementara juri berasal dari luar sekolah SMK, kalangan industri, perguruan tinggi, baik yang ada di Jombang maupun diluar Jombang.

“Hasil dari seleksi kita evaluasi dan diputuskan siapa yang akan kita dikirim ke tingkat provinsi” tambah Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang.

Harapannya, ajang ini merupakan media yang dapat memotivasi sekolah untuk terus meningkatkan pembinaan. ■ m.taufiqur rohman

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>